Memilih noken as mungkin harus
dipertimbangkan sesuai kebutuhan kita. Noken as merupakan paru-paru dari sepeda
motor untuk menyesuaikan nafas sepeda motor. Jadi jika kamu berkeinginan untuk
merubah atau ingin memodif noken as mu ada baiknya kamu pikirkan apa saja
positif negatifnya untuk motor mu juga untuk keseharianmu.
Seperti kita tahu korek noken as
sangat signifikan sekali untuk meningkatkan performa motor. Apalagi untuk motor
drag yang keseharianya cuma buat jaln 200 meter saja. Tapi apakah motor kita
cukup berjalan 200 meter saja? Tidak bukan. Sekarang banyak beredar noken as
racing buatan TDR , Kawahara ,TDH dll. Itu mungkin salah satu noken as yang
bisa langsung plug in atau bisa langsung dipasang tanpa mengubah atau menggeser
pengapian sepeda motor.
Sekarang
banyak tuner yang mulai ahli dalam memapas,membuat lift noken (angkatan noken
as) lebih tinggi. Jadi rata-rata rider lebih suka korek noken sendiri daripada
beli produk racing noken as disamping harganya mahal juga tidak terlalu
signifikan karena disetting untuk harian. Tapi beda dengan korek noken sendiri
lift noken dan durasi noken ditentukan oleh keinginan sendiri. Tapi apakah
cocok untuk semua tipe kendaraan , ketika kamu memilih model noken gemuk atau
kurus , galak di RPM rendah atau tinggi, lift noken tinggi atau rendah patut
dipertimbangkan.
Sebagai contoh Honda Supra 100 cc
dan Supra x 125cc dari kedua motor tersebut jika sama-sama menggunakan noken
gemuk maka supra 125 lah yang lebih bagus karena cc lebih besar tapi jika
diaplikasikan ke supra 100cc lebih buruk karena motor ber cc kecil membutuhkan
torsi besar karena stroke(langkah piston pendek)lebih panjang milik supra 125.
Dan alasan lain juga motor yang bercc besar kompresinya pun lebih padat jadi
noken as gemuk lebih cocok , untuk motor bercc kecil menggunakan noken as kurus
mungkin torsi dan lift klep lebih dapat. Karena motor ber cc kecil lebih
membutuhkan torsi yang besar dan durasi pendek untuk kenyamanan,keawetan motor
.
Jadi untuk
mendapatkan hasil yang maksimal buat lah noken as mu sesuai kebutuhan jika
motormu dibuat memang khusus untuk balapan ya sekalian saja full modif. Semua
yang berlebihan itu hasilnya tak akan baik.
(INDAKINDIK MOTOR TEAM)
(INDAKINDIK MOTOR TEAM)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar